0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Presiden Jokowi Buka AACC di UNS

Presiden Jokowi membuka AACC di UNS (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Simposium Internasional Asosiasi Mahkamah Konstitusi dan Institusi Sejenis se-Asia atau Association of Asian Consitutional Court and Equivalent Institutions (AACC) resmi dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di Auditorium UNS, Rabu (9/8) pagi. Simposium diikuti sebanyak 13 negara anggota AACC dengan total peserta mencapai 130 peserta.

“Kehadiran Mahkamah Konstritusi sebagai penjaga persatuan dan kesatuan negara demokrasi,” terang Presiden Jokowi.

Kemajemukan, kata Jokowi, bukanlah penghalang untuk kemajuan sebuah bangsa. Dengan adanya MK kemajemukan tetap terjaga tanpa mengesampingkan perbedaan yang dimiliki.

“Perbedaan bukanlah penghalang, tapi justru memperkaya khasanah sebuah bangsa,” terangnya.

Sementara itu, Humas MK, Fitri Yuliana mengatakan simposium mengusung tema “Mahkamah Konstitusi sebagai Penjaga Ideologi dan Demokrasi dalam Masyarakat Majemuk atau Constitutional Court as the Guardian of Ideology and Democracy in Pluralistic Society”.

“Pertemuan ini membahas tentang isu-isu terkait ideologi negara dan prinsip demokrasi sangat penting untuk didiskusikan melalui berbagai perspektif negara yang berbeda,” terangnya.

AACC dideklarasikan pada 2010 di Jakarta atas inisiatif Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MKRI), Korea, Thailand, Malaysia, Mongolia, dan Uzbekistan. Pendirian AACC bertujuan untuk mempromosikan demokrasi, penegakan hukum, dan hak asasi manusia.

Pada 2014, MKRI terpilih menjadi Presiden AACC periode 2014-2016.  Saat kongres AACC ketiga di Nusa Dua Bali 2016 lalu, anggota AACC kembali memberikan mandat kepada MKRI untuk melanjutkan masa jabatan hingga 2017. Sebelum MKRI, Presiden AACC berturut-turut adalah MK Korea (2010-2012) dan MK Turki (2012-2014).
Sedangkan tahun (2017-2019) terpilih sebagai pimpinan AACC adalah Prof Rauf dari MK Malaysia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge