0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wow, Delegasi AACC ke UNS Naik Kereta Kencana

Salah seorang delegasi peserta AACC diantar menggunakan kereta kencana (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Belasan delegasi Simposium Internasional Asosiasi Mahkamah Konstitusi dan Institusi Sejenis se-Asia atau Association of Asian Consitutional Court and Equivalent Institutions (AACC) memasuki kawasan Kampus UNS, Kentingan, Jebres, Solo dengan menaiki kereta kuda. Sebanyak 13 kereta kuda membawa perwakilan delegasi dari 13 negara yang mengikuti kegiatan tersebut.

Pantauan Timlo.net, peserta AACC mulai memasuki Kampus UNS sekitar pukul 08.00 WIB. Mereka menaiki kereta kuda mulai dari Jl Ir Sutami hingga depan Rektorat UNS. Setelah sampai, para perwakilan delegasi memasuki Auditirum UNS untuk mengikuti pembukaan AACC yang rencananya akan dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pertemuan ini membahas tentang isu-isu terkait ideologi negara dan prinsip demokrasi sangat penting untuk didiskusikan melalui berbagai perspektif negara yang berbeda,” terang Humas MK Fitri Yuliana.

AACC dideklarasikan pada 2010 di Jakarta atas inisiatif Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MKR), Korea, Thailand, Malaysia, Mongolia, dan Uzbekistan. Pendirian AACC bertujuan untuk mempromosikan demokrasi, penegakan hukum, dan hak asasi manusia.

Pada 2014, MKRI terpilih menjadi Presiden AACC periode 2014-2016.  Saat kongres AACC ketiga di Nusa Dua Bali 2016 lalu, anggota AACC kembali memberikan mandat kepada MKRI untuk melanjutkan masa jabatan hingga 2017. Sebelum MKRI, Presiden AACC berturut-turut adalah MK Korea (2010-2012) dan MK Turki (2012-2014).
Sedangkan, untuk tahun (2017-2019) terpilih sebagai pimpinan AACC adalah Prof Rauf dari MK Malaysia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge