0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sepanjang Agustus, Masuk Museum Keris Gratis

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo meninjau persiapan akhir pembukaan Museum Keris (dok.timlo.net/heru gembul)

Solo — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memutuskan untuk menggratiskan retribusi tiket masuk ke Museum Keris selama bulan Agustus 2017. Pembukaan untuk umum yang semula akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2017 pun diajukan menjadi Kamis (10/8).

“Iya, begitu dibuka oleh Presiden Jokowi, akan langsung dibuka untuk umum, dan selama bulan Agustus ini gratis.” ungkap pria yang akrab disapa Rudy tersebut, Rabu (9/8).

Sementara Kepala UPT Museum Bambang M Budi Santoso mengatakan mulai bulan September sesuai ketentuan dari Perda Nomer 5 Tahun 2016 tentang Retibusi Daerah pengunjung akan dikenakan retribusi sebesar Rp 5 ribu untuk pelajar Rp 7,5 ribu, dan Rp 15 ribu untuk wisatawan mancanegara pada hari biasa. Sementara pada hari libur, pelajar dikenakan Rp 7 ribu, umum Rp 10 ribu, dan Rp 20 ribu untuk wisatawan mancanegara.

“Keputusan dari Walikota, bulan Agustus digratiskan, sedangkan untuk selanjutnya retribusi masuk akan sesuai dengan Perda,” kata Walikota.

Pembukaan rencananya akan dilangsungkan Presiden Joko Widodo. Sebelum pembukaan akan dilakukan kirab boyongan keris, dari Rumah Dinas Walikota Solo, Lodji Gandrung ke Museum Keris. Kirab bakal diikuti oleh petugas UPT Museum dan Kurator Keris.

Sebanyak 225-250 pucuk keris akan dipajang di museum. Keris tersebut didapatkan dari hibah kolektor dan pecinta tosan aji. Dikatakan keris tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa, Madura, Bali, dan Bugis.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge