0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Staf Ahli Harus Benar-Benar Ahli, Bukan Staf yang Diahlikan

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/red)

Solo — Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo berharap banyak kepada Panitia Seleksi (Pansel) dua Jabatan Staf Ahli dan satu Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Solo. Ia berharap proses seleksi bisa menelurkan calon-calon yang berkualitas.

“Harapan saya ya harus benar-benar orang yang kompeten di bidang yang akan diampu. Namanya staf ahli ya harus benar-benar ahli. Bukan staf yang diahlikan,” kata Walikota Hadi Rudyatmo, Rabu (9/8).

Rudy –sapaan akrab Walikota Solo, merasa selama ini, staf ahli kurang cepat tanggap terhadap permasalahan yang ada di masyarakat. Akibatnya, banyak keputusan yang dibuat tanpa masukan dari mereka. Ia beralasan, masyarakat tak bisa berlama-lama menunggu. Seringkali, yang terjadi adalah Waikota memutuskan sesuatu disusul masukan dari staf ahli setelah beberapa lama.

“Kalau nunggu masukan, terlalu lama. Masyarakat mintanya cepet. Tapi saya memaklumi karena birokrasi memang seperti itu. Harus berjenjang,” katanya.

Ke depan, ia berharap, staf ahli bisa lebih jeli mendeteksi potensi masalah yang ada. Hal itu dapat dilakukan dengan mengamati perkembangan yang terjadi di Pemerintah Pusat maupun di daerah lain. Dengan demikian, Pemkot
bisa menyiapkan langkah antisipasi sebelum masalah benar-benar terjadi.

“Jangan menunggu masalah terjadi dulu baru mengumpulkan data. Telat,” kata Pak Wali.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge