0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sejumlah Pejabat akan Pensiun, Pemkot Bentuk Pansel

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/red)

Solo — Pemerintah Kota Solo membentuk Panitia Seleksi (Pansel) untuk mengisi tiga jabatan eselon 2B di lingkungan Pemkot. Seleksi dilaksankan untuk mengisi kekosongan jabatan di menyiapkan pengganti dua pejabat yang akan segera pensiun dalam waktu dekat.

“Tahun depan ada satu kepala dinas dan satu staf ahli yang pensiun. Dan  sekarang ada satu kursi staf ahli yang kosong,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Rabu (9/8).

Seleksi dibuka untuk mengisi posisi Staf Ahli Bidang Keuangan dan  Pembangunan saat ini dijabat Benny Nurtjahjo Pontjo Putro (pensiun Maret  2018), Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkim
KKP) Agus Djoko Witiarso (pensiun Mei 2018), serta Staf Ahli Bidang  Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Sumartono Kardjo.

“Pak Martono (Sumartono Kardjo) sebenarnya juga pensiun tahun depan. Tapi beliau mengajukan pensiun dini. Tidak apa-apa, itu hak beliau karena sudah melaksanakan  kewajibannya,” kata Rudy –sapaan akrab Walikota Solo.

Sementara itu, Ketua Pansel, Anwar Hamdani mengapresiasi Pemkot yang cepat mengambil langkah antisipatif. Karena seleksi dilaksanakan lebih awal, posisi yang ditinggal pensiun bisa langsung diisi oleh pejabat pengganti.
Sesuai regulasi, proses seleksi untuk jabatan eselon 2B bisa dilaksanakan  tanpa harus menunggu kekosongan jabatan.

“Dengan begitu, kinerja pemerintah bisa lebih efektif. Dan menurut aturan memang boleh,” katanya.

Anwar mengatakan, panitia akan bekerja profesional dan objektif dalam menyeleksi. Pengisian jabatan akan dilakukan dengan mekanisme lelang terbuka. Semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah Jawa Tengah bisa
mengikuti lelang selagi memenuhi syarat. Rangakain seleksi dilaksanakan melalui tes administrasi, tertulis, wawancara, dan kunjungan ke dinas atau instansi tempat peserta seleksi bekerja.

“Dari hasil seleksi akan kita ajukan tiga nama terbaik untuk tiap posisi ke Walikota. Selanjutnya Pak Wali bisa memilih dari nama-nama yang diajukan itu,” terangnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge