0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

77,46 Hektar Hutan Taman Nasional Danau Sentarum Terbakar

Ilustrasi Kebakaran Hutan (merdeka.com)

Timlo.net — Kobaran api yang berlangsung hampir dua pekan, menghanguskan sekitar 77,46 hektar hutan di area Taman Nasional Danau Sentarum, di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Titik panas berupa hutan yang terbakar ini terpantau satelit LAPAN, pada tanggal 29 Juli 2017 lalu, yang terdeteksi berada di kawasan Danau Sentarum dan Jongkong, Kabupaten Kapuas Hulu.

“Saat awal terdeteksi, memiliki tingkat kepercayaan 85 dan 95 persen,” ujar Kepala Bidang Teknis Konservasi Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum Ahmad Munawir, kepada wartawan di Pontianak, Selasa (8/8).

“Pantauan hot spot itu, langsung diamati, untuk memetakan areal taman nasional, untuk memastikan posisi titik api yang membakar hutan. Hasilnya, memang benar lokasi sebaran titik hotspot ini berada dalam kawasan taman nasional,” ujarnya.

“Tim Resort Tekenang langsung melakukan groundcheck terhadap hotspot, dan positif terjadi kebakaran. Lokasi yang terbakar adalah kawasan bekas kebakaran lama,” tambah Munawir.

Dari informasi tim di lokasi, jarak sumber air terdekat, sekira 250 meter. Sementara, jarak ujung kobaran api sekitar 700 meter. Upaya pemadaman, lanjut Munawir, dilakukan oleh tim pemadaman dari SPTN VI Semitau, menggunakan peralatan mesin.

“Untuk jenis adalah kebakaran permukaan. Sementara vegetasi yang terbakar adalah kayu keminit, kawi, tembesu, sikup. Tapi, saat ini, api sudah mulai berhasil dipadamkan oleh tim di lokasi,” ungkap Munawir.

Saat pemadaman, beragam kendala dihasapi seperti keterbatasan peralatan angkut, sumber air terdekat, medan yang sangat berbahaya.

“Ada upaya pemadaman secara manual. Diperlukan perjuangan ekstra keras, dan waktu yang tidak sebentar untuk mencapai titik api,” terangnya lagi

Beberapa titik api dari arah barat sudah padam, sementara penghitungan luas areal terbakar, sampai hari mencapai 39.9 hektar di Suak Kebesi dan 43,49 hektar di Pengulan.

“Luas keseluruhan sekitar 77,46 hektar. Petugas tanggap dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan, sehingga tidak meluas dengan cepat,” demikian Munawir.

[rhm]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge