0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Proyek JLS Belum Kelar, Ini Sebabnya

Proyek ruas jalan nasional JLS di Kecamatan Giriwoyo (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Sejak dimulai tahun 2014 silam, pembangunan jalan lintas selatan (JLS) di Wonogiri hingga saat ini belum juga kelar. Penyebabnya adalah, sejumlah kepala keluarga (KK) enggan menerima ganti rugi lahan. Sehingga, upaya pembebasan tanah masih terkendala.

“Awalnya ada 21 KK menolak untuk menyepakati harga yang ditawarkan pemerintah. Namun dalam perkembangannya, hanya menyisakan tujuh KK saja. Mereka masih bersikukuh tidak mau mengambil dana ganti rugi,” ungkap Asisten 1 Sekda Wonogiri, Edy Sutopo, Selasa (8/8).

Akibat kendala ini, lanjut dia, proses penyelesaian ganti rugi lahan juga belum kelar. Pemprov Jateng selaku pemilik aset, juga belum menyepakati harga yang diminta warga. Meski demikian, pihaknya berjanji segera menuntaskan proyek JLS hingga akhir 2017 ini.

Dijelaskan, tujuh warga yang belum mau mengambil dana ganti rugi itu semuanya warga Platarejo, Giriwoyo. Mereka adalah Hartatik, Mulyatmi, Hartatik, Yoseph Arif Gunawan, Theresia Sugiyem, Mantono, Damasius Agung. Sedangkan satu orang warga dalam proses pengambilan, yakni Suyatmi warga Tawangharjo, Giriwoyo.

Sementara itu, satuan kerja pelaksana proyek (Satker) JLS, Darsono mengatakan, apabila nanti tidak terjadi kesepakatan harga, tim di lapangan siap melakukan perubahan desain. Hal ini sebagai bentuk konsekuensi penghematan biaya pelaksanaan proyek JLS yang ditarget rampung 2017 ini.

“Saat ini, kami bersama Pemkab dan Pemprov masih mencari solusinya,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge