0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dinas Pariwisata Sisir Potensi Pendapatan Hutan Lawu

Gunung Lawu (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pemkab Karanganyar melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga menginventarisasi potensi pendapatan di hutan tiga kawasan Gunung Lawu paska penyerahan aset itu dari Perum Perhutani. Hutan tiga kawasan itu Wana Wisata Puncak Lawu, Sekipan, dan Pringgondani.

“Sedang dipetakan. Dicek potensinya untuk pembuatan roadmap. Ini modal mengajukan anggaran penataan di 2018 nanti,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Titis Sri Jawoto, Senin (8/8).

Sejauh ini, pendapatan masuk dari retribusi toilet dan karcis masuk kawasan hutan. Jika hanya mengandalkan itu saja, ia memastikan Pemkab bakal tekor. Sebagaimana diberitakan, Pemkab diwajibkan menyetor ke Perum Perhutani Rp 450 Juta per tahun dalam kerjasama dan bagi hasil pengelolaan hutan tiga kawasan itu.

Sementara itu Kepala KPH Perum Perhutani Surakarta Eka M Ruskanda mempersilakan Pemkab Karanganyar menggunakan kewenangan untuk memperbaiki penataan hutan di tiga kawasan. Perjanjian kerjasama dan bagi hasil berlaku 2 tahun sejak berlaku 1 Agustus 2017. Meski pengelolaan potensi kini di Pemkab, Perhutani tetap ikut menjaga kawasan itu. Terutama antisipasi kebakaran hutan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge