0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peresmian Museum Keris bakal Diawali Kirab Boyongan

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (timlo.net/heru gembul)

Solo — Pembukaan Museum Keris yang akan dilangsungkan oleh Presiden Jokowi pada Rabu (9/8) esok akan dimulai dengan prosesi kirab boyongan. Kirab akan dimulai dari rumah dinas Walikota Solo Lodji Gandrung, sekitar pukul 10.00 WIB.

“Akan ada prosesi dari Lodji Gandrung hingga ke Museum Keris. Karena selama ini kan barang-barang hibah ini kan kita simpan di Lodji Gandrung, nah besok boyong pindahan.” kata Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Akan ada sekitar 50 orang yang akan mengikuti prosesi boyongan ini. Mereka berasal dari kurator dan pegawai UPT Museum. Beberapa keris pusaka akan dibawa untuk dikirab. Rudy menambahkan bahwa presiden tidak akan mengikuti prosesi boyongan, sebab sedang ada kegiatan di UNS.

“Ya perwakilan saja, tidak semuanya di kirab. Kan sebagian besar juga sudah di display di sini,” imbuhnya saat dijumpai usai meninjau persiapan akhir peremian museum, Selasa (8/8).

Dirinya meminta masyarakat memandang keris bukan sebagai seauatu yang menyekutukan Tuhan, melainkan sebagai peninggalan nenek moyang yang sudah siakui oleh dunia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge