0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Diresmikan, Walikota Tinjau Museum Keris

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo meninjau persiapan akhir pembukaan Museum Keris (dok.timlo.net/heru gembul)

Solo – Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo meninjau persiapan akhir pembukaan Museum Keris, Selasa (8/8). Tinjauan ini dimaksudkan untuk melihat kesiapan akhir sebelum museum diresmikan oleh Presiden Jokowi, pada Rabu (9/8) pagi.

Walikota datang dengan didampingi oleh Kepala Dinas Kebudayaan Sis Ismiyati, dan Kepala UPT Museum Bambang M Budi Santoso. Walikota juga meninjau kesiapan mulai dari lantai pertama hingga lantai lima gedung dengan konsep Candi Sukuh tersebut.

“Mengecek kesiapan. Ternyata memang sudah selesai semuanya, jadi tinggal besok diresmikan oleh Pak Presiden,” kata Pria yang akrab disapa Rudy tersebut.

Tampak pula hadir sejumlah kurator Museum Keris, diantaranya adalah Ronggojati Sugiyatno, dan Wiwoho Basuki.

“Ini kan bagian dari cita-cita beliau (Presiden Jokowi) saat masih menjadi Walikota. Kan ingin punya museum keris dan wayang,” jelas Rudy.

Dirinya menceritakan bahwa dulu museum tersebut hendak dibangun di Omah Lawa Purwosari. Namun lantaran harga yang ditawarkan terlalu mahal, rencana itu kandas.

Rudy juga menyebutkan bahwa Museum Keris dibangun dengan dana dari APBN dan APBD serta hibah dari pemerhati keris. Namun dirinya tak merinci jumlah anggaran yang digunakan untuk pembuatan museum.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge