0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Viktor, Polisi Selidiki Ada Tidaknya Unsur Pidana

(merdeka.com)

Timlo.net – Polisi masih mendalami pelaporan terhadap Ketua Fraksi Nasdem di DPR, Viktor Laiskodat. Viktor telah dilaporkan oleh empat partai politik Gerindra, PAN, PKS dan Demokrat yang dianggap oleh politisi NasDem itu sebagai partai pendukung khilafah.

“Ya masih diteliti. Namanya laporan, ya diterima. Jalannya laporan dari sini, nanti ke Robinops untuk pendataan,” kata Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Pol Ari Dono Sukmanto di Jakarta, Selasa (8/8).

Ari menuturkan pendataan itu guna mengetahui apakah ucapan Viktor ada unsur pidana atau tidak.

“Dipelajari laporannya, baru dilaksanakan penyelidikan, ada atau tidak tindak pidana dalam peristiwa ini,” tandasnya.

Sebelumnya, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto melanjutkan, Polri akan melakukan pengkajian lebih mendalam terkait pidato yang Viktor sampaikan, apakah sebagai wakil rakyat atau bukan. Hal itu karena adanya hak imunitas yang dimiliki oleh anggota wakil rakyat.

“Jadi jangan langsung di-frame ini hak imunitas jadi langsung tidak diperiksa, tidaklah,” ujarnya.

Setyo pun menerangkan terkait adanya hak imunitas yang dimiliki oleh anggota dewan. Hak imunitas itu bisa dipergunakan ketika masih dalam koridor sebagai anggota DPR dan juga ketika anggota dewan tersebut sedang melaksanakan tugas ke Daerah Pemilihan (Dapil).

“Dia ngomong di depan massa dia, depan konstituennya dia, itu dalam konteks dia sebagai wakil rakyat. Tetapi kalau ngobrol begini kan bukan sebagai anggota dewan,” tandasnya.

[eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge