0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Selada Air Bisa Tingkatkan Produksi Sperma

Selada air. (Dok: Timlo.net/ countryliving.co.uk)

Timlo.net—Peneliti mengungkapkan jika selada air adalah obat alami untuk mengatasi produksi sperma yang menurun. Awal minggu ini, para peneliti mengungkapkan jika stres menjadi penyebab jumlah sperma menurun 50 persen di antara para pria Barat. Penurunan itu menjadi penurunan terbesar dalam 40 tahun terakhir.

Jika tren penurunan ini terus berlangsung maka populasi manusia di Barat akan terancam punah. Tapi sekarang para peneliti mendesak pria makan lebih banyak selada air. Sayuran itu dianggap sebagai makanan super yang terbukti mengurangi tingkat stres. Uji coba yang dilakukan beberapa kali menunjukkan jika sayuran hijau itu menurunkan respon tubuh terhadap tekanan dan ketegangan. Oleh karena itu, selada air bisa menjaga jumlah sperma pada pria.

Selain stres, obesitas dan pola makan yang buruk juga menjadi penyebab penurunan produksi sperma. Selada air juga bisa mengatasi dua masalah ini. Dr. Mark Fogarty, dosen mata kuliah nutrisi olahraga di the University of Hull percaya jika menambah asupan selada air bisa menjadi solusi yang sempurna untuk ketiga masalah di atas.

“Jenis stres yang disebabkan oleh olahraga sama dengan jenis tekanan yang muncul karena polusi lingkungan, asap rokok dan bahkan sinar matahari. Peran makanan seperti selada air pada diet kita sangat penting karena kami melihat jika sayuran itu menolong menurunkan respon tubuh terhadap stres,” ujarnya dilansir oleh Mirror.co.uk.

“Jadi entah Anda lari maraton, berenang atau hanya berjalan lebih cepat karena ketinggalan kereta untuk pergi ke kantor, selada air bisa menolong tubuh berhadapan dengan stres harian,” tambahnya.

Selain meningkatkan produksi sperma, selada air juga melawan kerusakan DNA yang bisa menyebabkan kanker testis. University of Ulster melakukan penelitian pada 2007. Hasilnya menyatakan jika kita mengkonsumsi 85 gram selada air setiap hari, kerusakan DNA pada sel darah putih turun hingga 22,9 persen.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge