0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dhukutan, Tradisi Nglurah Tawangmangu Sarat Makna

 Ritual dhukutan di Nglurah, Tawangmangu (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Upacara adat dhukutan di Nglurah, Kelurahan/Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar sarat makna berketuhanan dan kerukunan antarwarga. Maknanya tersirat di ubo rampe upacara bersih dusun tersebut.

Nasi jagung atau akrab dinamakan gandik warna putih dan cokelat menjadi sajian utama tradisi dhukutan. Parutan jagung yang padatkan itu dibuat tumpeng, ada pula yang dikepal-kepal.

“Ini merupakan harapan dari nenek moyang, bahwasanya dengan jagung merupakan sarana menghadap Hyang Agung. Sedangkan tumpeng itu jalan yang lempeng atau lurus,” kata Kepala Lingkungan Nglurah, Ismanto kepada wartawan, usai upacara dhukutan, Selasa (8/8).

Dhukutan menghadirkan puluhan warga dari Nglurah Kidul dan Nglurah Lor di lereng Gunung Lawu. Tradisi ini untuk mengingat jasa tokoh pemersatu dua kubu yang saling bertikai, yakni Nyai Roso Putih dan Kyai Menggung. Pada zamannya, warga Nglurah Lor dan Kidul saling mengungguli dalam berbahai hal sampai ke baku hantam. Dua tokoh yang akhirnya membina rumah tangga ini berpesan ke anak cucunya agar menggelar bersih dusun dengan melibatkan seluruh warga tiap Selasa Kliwon wuku dhukut.

Ritual bersih dusun ini cukup menarik, karena sebagian sesajen tidak dimakan namun dilempar ke luar situs Menggung yang menjadi lokasi pemanjatan doa. Makanan berhamburan di perayaan ini merupakan pemandangan biasa, seakan bekas terjadi tawuran antarwarga.

“Dulunya, dhukutan sering dikenal dengan tawuran,” lanjutnya.

Dikatakan lebih lanjut, makanan di lempar ke luar situs bermakna kepentingan duniawi harus dilepaskan sebelum manusia kembali ke tuhan. Bersih dusun juga dimaknai rasa syukur atas berkah hasil panen maupun usaha lainnya. Selama ratusan tahun ritual berlangsung, dua kelompok warga tak lagi bertikai. Mereka bahkan memasak bersama bahan makanan sajen dan menggelar hiburan rakyat usai dhukutan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge