0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Catat! 17 Agustus, Museum Keris Dibuka untuk Umum

Museum Keris akan diresmikan Presiden Jokowi (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Museum Keris yang rencananya diresmikan Presiden Joko Widodo pada Rabu (9/8), ternyata belum bisa dinikmati oleh khalayak ramai. Sebab, rencananya Pemerintah Kota Solo akan mulai membuka akses untuk masyarakat pada 17 Agustus 2017.

“Kita menunggu petunjuk dari Pak Wali (Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo) dulu. Kalau rencananya memang akan tanggal 17 Agustus 2017, tetapi kita lihat perkembangannya nanti,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum, Bambang M Budi Santoso, Selasa (8/8).

Sebanyak 225 hingga 250 pucuk keris akan dipasang di dalam museum senilai Rp 20 miliar tersebut. Keris-keris ini didapatkan dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Jawa, Bali, Bugis, dan beberapa daerah lain.

Bambang mengatakan bahwa ada gerakan nasional dari pecinta dan pengelola museum untuk menggratiskan tiket masuk selama satu hari pada tanggal 17 Agustus 2017. Hal ini sebagai upaya untuk mendekatkan museum kepada publik.

“Selama ini museum ini seakan benda mati yang hanya memajang barang-barang kuno, padahal didalamnya itu bisa terkandung nilai edukasi, rekreasi yang tinggi.” katanya.

Diterangkan, Walikota akan menggratiskan tiket masuk ke dalam museum. Namun dirinya belum bisa merincikan berapa hari museum tersebut akan digratiskan.

“Kebijakan Walikota memang akan digratiskan dulu, namun kita belum tahu berapa lama gratisnya.” terangnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge