0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lestarikan Seni Tradisi, Pemkab Gelar Festival Dalang Muda

Festival Dalang Muda Klaten (timlo.net/a wijaya)

Klaten — Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten menggelar Festival Dalang Muda di pelataran Gedung RSPD, Senin (7/8). Festival dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Klaten ke-213 itu diikuti sebanyak 7 dalang muda.

“Festival ini sebagai ajang bagi dalang muda untuk mengembangkan keterampilannya. Sebab, Klaten selama ini dikenal sebagai Kota Pedalang,” kata Kepala Disbudparpora Klaten, Joko Wiyono, Senin (7/8).

Mengklaim sebagai Kota Pedalangan, Joko menyebutkan, Klaten saat ini memiliki 267 dalang. Bahkan beberapa diantaranya merupakan dalang tersohor di Nusantara, seperti Ki Narto Sabdo, Ki Anom Suroto, dan Ki Warseno Slank.

Sedangkan dalam Festival Dalang Muda itu, pihaknya menyasar dalang muda berusia 15 hingga 25 tahun. Tiap peserta diberikan kesempatan membawakan salah satu dari lakon dengan durasi waktu satu jam, yakni Ampak Ampak Wiroto dan Ampak Ampak Pringgodani.

“Melalui festival ini, kami berharap melahirkan dalang-dalang baru dari Klaten agar bisa meneruskan prestasi para dalang kondang. Sehingga sebutan Klaten sebagai kota pedalang bukan sekedar kata-kata,” ujarnya.

Sementara itu, Angger Argo Sadewo (16) mengaku, mulai serius belajar dan berlatih mendalang sejak duduk di Kelas IX SMP. Pelajar asal SMKN 1 Jogonalan ini memainkan lakon Angger Argo Sadewo.

“Memilih lakon ini (Angger Argo Sadewo) lantaran sudah sering memainkannya saat berlatih di sanggar. Kalau untuk persiapan festival, sudah berlatih selama seminggu,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge