0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Begini Persiapan Akhir Sebelum Peresmian Museum Keris

Petugas melakukan pengecekan akhir bagian dalam museum keris (timlo.net/heru gembul)

Solo — Peresmian Museum Keris yang rencananya akan digelar pada Rabu (9/8) bakal dihadiri 300 orang undangan. Undangan tersebut terdiri dari pejabat muspida kota Solo, beberapa kepala daerah di sekitar wilayah Solo, dan kolektor keris.

“Undangannya memang hanya terdiri dari 300 orang, dari pemerintah kota begitu daftarnya,” ungkap Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum, Bambang M Budi Santoso, Senin (7/8).

Dia mengatakan Presiden Jokowi akan secara resmi membuka museum senilai Rp 20 Miliar tersebut.  Dikatakan Presiden akan hadir sekitar pukul 11.00 WIB, usai mengadakan kegiatan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

“Jadi setelah beliau berkegiatan di UNS, kemudian akan meresmikan museum keris,” terangnya.

Rencananya, Presiden Jokowi akan disambut dengan lantunan gending jawa yang telah dipersiapkan. Presiden juga akan melakukan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya pembukaan museum.

“Ya nanti disambut Pak Wali (Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo) dan kemudian akan melakukan pemotongan pita.” imbuhnya.

Bambang juga menyatakan persiapan pembukaan Museum Keris telah mencapai 95 persen. Lima persen sisanya akan dikebut Senin (7/8) malam sehingga selasa (8/8) pagi.

“Kita kerjakan malam ini juga, dan kami yakin besok pagi telah selesai 100 persen, sebelum matahari terbit selesai, dan sudah steril semuanya.” kata dia, saat dijumpai timlonet.

Dirinya mengatakan ada 225 hingga 250 pucuk keris yang akan dipasang di dalam museum. Keris tersebut didapatkan dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Jawa, Bali, Bugis, dan beberapa daerah lain.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge