0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Diresmikan, Persiapan Museum Keris 95 Persen

Kepala UPT Museum, Bambang M Budi Santosa (timlo.net/heru gembul)

Solo — Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum, Bambang M Budi Santoso menyatakan persiapan pembukaan Museum Keris telah mencapai 95 persen. Lima persen sisanya akan dikebut Senin (7/8), sehingga esok telah rampung 100 persen.

“Kita kerjakan malam ini juga, dan kami yakin besok pagi telah selesai 100 persen, sebelum matahari terbit selesai, dan sudah steril semuanya,” kata dia, saat dijumpai Timlo.net.

Dirinya mengatakan ada 225 hingga 250 pucuk keris yang akan dipasang di dalam museum. Keris tersebut didapatkan dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Jawa, Bali, Bugis, dan beberapa daerah lain.

“Selain berupa hibah, keris-keris ini kita dapatkan dari pinjaman para kolektor keris,” imbuhnya.

Bambang menerangkan bahwa pihak museum telah mendapatkan hibah dari kolektor dan perkumpulan para pecinta keris sebanyak 345 pucuk keris. Namun setelah diseleksi oleh tim kurator keris, yang memenuhi standar pajang di museum keris hanya 80 pucuk. Sebab, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah usia minimum keris yakni 50 tahun.

“Nah, padahal ada beberapa yang kurang dari itu, untungnya ada beberapa paguyuban dan kolektor yang membantu kita dalam melengkapi koleksi museum,” urainya.

Selebihnya, hasil hibah yang tidak bisa dipajang akan disimpan, dan dipergunakan sebagai keris pendamping bagi keris yang layak pajang.

“Jadi nanti pada saat pameran, ada keris utama dan keris pendamping, keris-keris ini kita ambil dari hasil hibah yang tidak lolos kuratorial.” tegasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge