0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jaga Kelestarian, Balai TNGM Latih Masyarakat Peduli Api Gunung Merapi

Outbound Masyarakat Peduli Api (MPA) oleh Balai TNGM Resort Kemalang (timlo.net/a wijaya)

Klaten — Balai Taman Nasional Gunung Merapi (Balai TNGM) mengajak masyarakat yang tinggal di lereng gunung membantu menjaga dan melestarikan hutan di Gunung Merapi. Salah satunya dengan mencegah dan mengendalikan kebakaran hutan.

“Tiap tahun jika memasuki musim kemarau, kebakaran hutan menjadi salah satu ancaman,” kata Kepala Resort Kemalang dan Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Balai TNGM, Arif Sulfiantono, Senin (7/8).

Mengingat hal itu, Balai TNGM Resort Kemalang menggelar pembinaan kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) di objek wisata River Moon, Polanharjo, Klaten, Senin (7/8).

Selama seharian penuh, sekitar 50 peserta MPA dari Balerante, Tegalmulyo, Sidorejo (Kemalang, Klaten), Musuk (Boyolali), dan Kaliurang (Sleman) mendapat pelatihan dan simulasi teknik dasar pencegahan kebakaran hutan.

“Selama ini kebakaran biasanya mayoritas disengaja atau karena kelalaian manusia. Seperti pelepasan balon udara di Boyolali pada 2015 lalu, dan ulah oknum di Magelang. Sehingga keterlibatan masyarakat yang ada di bawah lereng Gunung Merapi sangat penting sebagai ujung tombang pengendalian dan pemadaman kebakaran hutan. Sebab lahan TNGM merupakan lokasi konservasi dan penelitian alam yang harus dijaga kelestariannya,” jelas Arif.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge