0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Canangkan Pekan Lagu Kebangsaan dan Daerah

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/red)

Solo — Pemerintah Kota Solo mencanangkan Pekan Lagu Kebangsaan dan Lagu Daerah. Pencananagan tersebut disampaikan Walikota usai Upacara Peringatan serangan 4 Hari di Solo yang digelar di Halaman Balaikota Solo, Senin (7/8).

“Sejak dahulu saya sudah minta agar lagu-lagu kebangsaan ini dipopulerkan kembali. Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan ini, kita launching pekan lagu kebangsaan dan lagu daerah,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Kampanye menghidupkan kembali lagu-lagu kebangsaan sendiri sebenarnya sudah dilakukan Pemkot sejak jabatan Walikota Solo masih dipegang Joko Widodo 2006 silam. Jokowi dan Rudy pada banyak kesempatan sering membagikan hadiah bagi warga masyarakat, khususnya anak-anak, yang bisa menyanyikan lagu kebangsaan.

“Sekarang dampaknya sudah terasa. Setiap berkumpul dengan warga, mereka sering guyon sudah bisa nyanyi lagu kebangsaan supaya diberi hadiah,” kata dia.

Meski masih sebatas candaan antara Walikota dan warganya, hal itu dianggap sebagai tren positif bagi lagu-lagu kebangsaan. Setidaknya, kepedulian terhadap lagu-lagu tersebut mulai tumbuh di masyarakat.

“Waktu saya kecil, lagu-lagu ini jadi tuntunan. Sekarang sudah tidak lagi. Ini harus dikembalikan seperti dulu,” kata dia.

Dengan pencanangan pekan lagu-lagu kebangsaan dan daerah, kampanye Pemkot akan diperluas kepada lagu-lagu daerah. Pasalnya, lagu-lagu tradisional pun kini menghadapi nasib yang mirip dengan lagu kebangsaan beberapa tahun lalu.

“Jadi kalau dulu cuma lagu-lagu kebangsaan saja, sekarang ditambah lagu-lagu daerah,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge