0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dail, Anjing Pintar Polres Sragen Pelacak Penjahat

Petugas Satuan Sabhara Polres Sragen bersama anjing Dail dan Doberman (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Sudah dua pekan ini Polres Sragen memiliki anjing pelacak jenis Belgian Malinois. Anjing inventaris dari Mabes Polri ini akan menjadi bagian dari Satuan Sabhara Polres Sragen.

”Namanya Dail asli dari luar negeri, bukan dari penakaran Indonesia. Harganya setara dengan mobil mewah,” kata Kasat Sabhara, AKP Agung Ari Purwono, mewakili Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman belum lama ini.

Kepada wartawan Agung menjelaskan, Dail didatangkan dari Eropa dengan paspor hewan. Dail merupakan anjing dengan kemampuan istimewa, yang punya banyak sertifikat terlatih. Bahkan harganya pun setara dengan mobil mewah, yaitu Rp 196.550.000.

Menurut Agung, perawatan Dail juga tidak bisa sembarangan. Sebelum dikirim ke Indonesia, anjing yang berusia 1 tahun 3 bulan ini telah dites kesehatannya dengan bukti tes darah dan X ray termasuk sertifikat kesehatan.

“Kebutuhan pakannya saja hampir Rp 13 juta dalam setahun, itu belum termasuk biaya yang lain,” terangnya.

Dail sendiri memiliki tubuh ideal dengan ukuran panjang sekitar 60 hingga 70 cm. Pandangan mata coklat gelap, terlihat waspada, pintar dan siaga. Selain itu memiliki ketangkasan yang tinggi, kepatuhan serta kemampuan melacak yang dapat diandalkan Satuan Sabhara Polres Sragen.

“Untuk lebih memantapkan kepintaran anjing pelacak ini, kami telah menunjuk dua anggota untuk melatih kemampuan fisiknya agar benar-benar siap bila di gunakan sewaktu waktu,”

Ditambahkannya, Dail bukan anjing pertama yang dimiliki Polres Sragen. Sebelumnya sudah memiliki Vigo, anjing jenis Doberman berwarna hitam. Hanya saja Vigo lebih agresif dibanding Dail yang lebih tenang, namun tetap perlu diwaspadai.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge