0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TimloMagz

Hanny Setiwan, Bentuk Pribadi Unggulan dengan Musik

()

Timlo.net – Mencetak mentalitas dan jati diri seseorang melalui suatu hal yang diajarkan tak semudah membalik telapak tangan. Butuh totalitas dan niatan yang lurus untuk merealisasikan hingga mendapatkan hasil yang memuaskan. Inilah yang terbersit dalam pikiran seorang Hanny Setiawan. Pendiri dari Sekolah Musik Indonesia (SMI) ini merasakan betul bagaimana perjuangan dalam membentuk pribadi anak-anak untuk menjadi sosok unggulan.

Dengan memilih jalur di dunia musik, pria yang akrab disapa Koh Hanny ini menyebarkan visi dan misi yang dimiliki. Prinsip yang dimiliki juga sangat sederhana yakni jalani hidup dengan mudah.

“Hidup itu simple, mudah, gak usah diperumit. Cuman, ada skema manajemen yang perlu dibangun untuk meraih kesuksesan,” terang Hanny saat berbincang dengan TimloMagz baru-baru ini.

Pria yang pernah belajar di Berklee College, Amerika Serikat ini memiliki angan-angan yang besar. Sejak duduk di bangku SMP, lelaki asli Solo tersebut telah menuliskan cita-citanya yang melampaui anak-anak seusianya.

“Sejak dulu saya ingin membagikan ilmu dibidang musik yang saya miliki. Tapi tak hanya sebatas itu, tentunya untuk merealisasikan butuh sebuah wadah. Termasuk mendalami segala sesuatu tentang musik dan seluruh perkembangan yang ada didalamnya,” jelas bapak dua anak tersebut.

Hingga akhirnya, lompatan dan ide-ide besar tercipta dari angan-angan yang menjadi pijakan semasa kecil. Dia akhirnya mendirikan Sekolah Musik Indonesia (SMI) bagi anak-anak tahun 2010 silam. Berbeda dengan sekolah musik lainnya, Hanny meramu sendiri segala sesuatu yang menjadi kebutuhan akan usaha yang dirintisnya tersebut. Mulai dari dasar kurikulum musik, manajemen yang diterapkan hingga strategi-strategi khusus yang mungkin berbeda dengan sekolah musik yang berdiri saat ini.

“Saya melihat, kemajuan teknologi sangat menginspirasi saya dalam memilih jalur sekolah musik teknologi. Selain mengajarkan cara memainkan alat musik, juga mendorong para murid untuk menciptakan sesuatu yang orisinil berasal dari dirinya sendiri. Ide untuk mengembangkan dalam diri seorang murid inilah yang sulit untuk dilakukan oleh sekolah musik manapun,” jelas Hanny panjang lebar.

Seiring berjalannya waktu, upaya yang dirintis dengan susah payah tersebut kini telah berbuah manis. Ribuan murid telah dia cetak hasil buah kerja kerasnya selama ini. Dan yang lebih membanggakan lagi, SMI yang didirikan tujuh tahun lalu tersebut kini telah berkembang hingga memiliki cabang di sejumlah kota besar, seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, Yogyakarta dan masih banyak yang lain.

Meski telah mencapai suatu hal yang besar, namun keinginannya ini tentu belumlah cukup. Dirinya tetap ingin menginspirasi dan mengajarkan sesuatu yang berharga bagi para generasi penerus bangsa.

“Ibarat sebuah gerbong kereta api, SMI ini nantinya akan menarik loko-loko lainnya yang berasal dari lompatan ide yang saya hasilkan dikemudian hari. Bermimpilah yang tinggi untuk mewujudkan sesuatu yang tak terpikirkan oleh orang lain,” terang pria kelahiran 23 Desember 1971 tersebut.

Membangun Bisnis Manajemen

Sekolah Musik Indonesia (SMI) yang dibangun saat ini merupakan buah hasil kerja keras kristalisasi ide-ide besar yang dia miliki. Dengan mengusung taglineDeveloping People is Our Business inilah dirinya bersama sejumlah rekan kerja melebarkan sayap dunia bisnis. Tentunya, bisnis yang dijalankan tak jauh dari dunia yang dia lakoni saat ini yakni musik teknologi.

“Semakin kuat kreatif ide yang dicetuskan, maka akan semakin sulit untuk dijiplak oleh siapapun,” terangnya.
Jika suatu hari kelak ada yang menjiplak ide-ide yang dia miliki, Hanny mengaku tidak gentar. Dirinya akan terus berkembang dengan ide-ide kreatif yang dia miliki.

“Perkembangan zaman akan terus maju. Disitulah, kita peka melihat situasi yang berkembang. Situasi yang berkembang akan menciptakan peluang. Jadi, akan selalu dinamis dan tidak mudah ditiru,” jelasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge