0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jepang Temukan Es Krim yang Tidak Akan Pernah Meleleh

Es krim. (Dok: Timlo.net/ Reader Digest. )

Timlo.net—Para ilmuwan di Biotherapy Development Research Center di Kanazawa, Jepang berhasil menemukan es krim yang tidak akan pernah meleleh. Es krim itu secara resmi disebut Kanazawa Ice. Es krim yang tidak bisa meleleh itu bisa di beli di kota Kanazawa, Osaka dan Tokyo.

Presiden pusat penelitian, Takeshi Toyoda berkata jika es itu tidak akan meleleh bahkan sekalipun terkena angin panas dari pengering rambut. Menurut situs Reader Digest, hal ini mungkin karena es itu mengandung ekstrak strawberry yang mencegah minyak dan air di dalam es terpisah. Tambahan ekstrak ini menolong es krim tidak meleleh sekalipun dalam suhu hangat.

“Cairan polifenol memiliki kandungan yang membuat air dan minyak sulit terpisah sehingga sebuah es loli yang memilikinya akan bisa menjaga bentuk aslinya untuk waktu yang lama dan susah mencair,” kata Tomihisa Ota, yang menemukan es loli itu.

Lucunya, es krim itu diciptakan secara tidak sengaja. Para ilmuwan itu bermaksud menciptakan sebuah hidangan penutup strawberry dengan menguji berbagai ekstrak polifenol. Saat mereka memperkerjakan koki kue, mereka baru menyadari jika ekstrak itu membuat es krim tetap beku. Es krim itu dijual seharga 500 yen (Rp 50 ribu). Sayangnya untuk saat ini es ini hanya tersedia di Jepang.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge