0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wanita Ini Operasi Wajah Untuk Lari Dari Hutang

Zhu. (Dok: Timlo.net/ Nextshark.)

Timlo.net—Seorang wanita berusia 59 tahun bernama Zhu Najuan, diperintahkan pengadilan di Cina untuk membayar hutang dalam jumlah besar. Tapi dia justru berusaha lari dari tanggung jawab dengan menjalani operasi wajah.

Pengadilan di Wuhan, Cina memerintahkan Zhu membayar uang yang dia pinjam kepada pemberi pinjaman senilai 25 juta yuan. Tapi bukannya membayar, dia justru berusaha lari dengan mengubah wajahnya. Dengan wajah barunya, Zhu mencoba hidup dengan identitas baru dan bersembunyi awal tahun ini. Akan tetapi, dia akhirnya tertangkap oleh pihak berwajib di Shenzhen pada Juli 2017. Polisi Wuhan yang pergi ke Shenzhen untuk menjemputnya terkejut melihat wajah barunya.

“Kami sangat terkejut saat tiba di lokasi kejadian. Dia terlihat berusia 30-an dan berbeda dari foto yang kami miliki,” ujar seorang polisi dilansir dari Nextshark.  Setelah diinterogasi, Zhu mengakui jika selama menghilang, dia memakai kartu identitas orang lain untuk membeli tiket kereta. Dia juga meminjam kartu ATM untuk bertahan hidup. Zhu saat ini ditahan polisi Wuhan.

Cina saat ini gencar mempromosikan “credit society” dan lebih dari 300 kota di negara itu bergabung pada awal Juli 2017 dan berjanji untuk memastikan lebih banyak kredit tersedia untuk belanja masyarakat. Usaha ini dimaksudkan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Akan tetapi, strategi ini menyebabkan naiknya hutang masyarakat. Angkanya mencapai 50 persen dari penghasilan kotor negara itu tahun lalu. Lari dari hutang di Wuhan menjadi kejahatan populer di Wuhan. Tahun ini, pengadilan di kota Wuhan berhasil menangkap 186 orang yang menghindari kewajibannya membayar hutang.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge