0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Serangan Monyet Ekor Panjang, Warga Diimbau Terus Siaga

Warga mendirikan Posko Penanganan Serangan monyet ekor panjang di Desa Sendang, Karanggede, Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Mengganasnya serangan monyet ekor panjang, menjadi perhatian serius Pemkab Boyolali. Bupati Boyolali meminta masyarakat di wilayah Karanggede untuk selalu waspada dan meningkatkan ronda.

“Giatkan ronda secara bergiliran,paling tidak bisa mencegah serangan monyet,” kata Bupati Boyolali, Seno Samudro, Senin (7/8).

Sementara upaya untuk memburu monyet ekor panjang terus dilakukan. Termasuk mendatangkan club-club menembak untuk ikut memburu monyet ekor panjang. Petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jateng dibantu warga dan petugas Polsek dan Koramil saat ini juga masih melakukan perburuan.

Langkah yang sudah dilakukan,diantaranya dengan memasang umpan,memancing dengan umpan buah-buahan dibeberapa titik. Hanya saja, upaya tersebut hingga saat ini belum berhasil.

“Kita masih nyanggong, menunggu monyet muncul,hingga saat ini belum tertangkap,” kata Kepala Desa Sendang, Sukimin.

Diakui, hingga saat ini, pihaknya tidak mengetahui asal muasal monyet tersebut. Pasalnya, di kawasan hutan di wilayah Karanggede selama ini tidak ada habitat monyet. Monyet ekor panjang yang selama ini berkeliaran di pemukiman warga, hanya dua ekor saja.

“Hanya dua, kadang satu,disini juga tidak ada warga yang memelihara monyet,” imbuhnya.

Sementara untuk mengantisipasi agar serangan monyet tidak meluas, pihaknya mendirikan posko.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge