0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Di Usia 24 Tahun, Wanita Ini Jadi Miliarder Termuda di Cina

Zetian Zhang. (Dok: Timlo.net/ Nextshark. )

Timlo.net—Zetian Zhang disebut sebagai wanita miliarder termuda di Cina oleh majalah New Fortune edisi Mei 2017. Wanita itu masuk ke dalam daftar itu di usia 24 tahun. Zetian menikahi Richard Liu Qiangdong, pendiri dan CEO e-commerce raksasa Cina, JD.com pada 2015. Dia berhasil mendorong pertumbuhan perusahaan suaminya dengan mempromosikan portofolio fashionnya.

Dengan kekayaan bersih sekiar $11,6 miliar, sang suami Richard Liu juga masuk ke dalam daftar 16 besar Daftar Orang Cina Terkaya dari Forbes. Selain mendukung perusahaan suaminya, Zetian juga berinvestasi dalam enam startup di Cina, termasuk Uber. Dalam ajang penggalangan dana yang diadakan JD pada Maret 2017 dia bertemu dengan pendiri Microsoft dan miliarder Bill Gates, tulis Nextshark.

Ternyata Zetian bergabung dalam tim marketing Microsoft Research Technology Center (STC) sebagai pegawai magang pada April 2014. Awal tahun ini, dia mewakili JD di the American Apparel and Footwear Association Gala. Dia baru-baru juga menghadiri ajang red carpet di the Cannes International Film Festival.

Statusnya sebagai selebritis dimulai saat dia mengunggah sebuah foto di sosial media pada 2009. Dalam foto itu, Zetian terlihat memegang sebuah cangkir teh susu. Gara-gara foto itu, dia disebut “sister milk tea”.

Pada 2011, Zetian masuk ke dalam salah satu universitas ternama Cina, Tsinghua University dan kuliah di Barnard College di New York, Amerika Serikat (AS). Dia bertemu dengan calon suaminya di sana. Pasangan itu berkencan selama tiga tahun sebelum menikah di Beijing, Agustus 2015. Dia menggelar resepsi pernikahan yang mewah di Sydney, Australia pada Oktober 2015. Zetian melahirkan puteri pertamanya pada Maret 2016.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge