0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Idul Adha, Harga Kambing Kurban Merangkak Naik

Pedagang kambing di Pasar Semanggi, Solo (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 H, harga hewan kurban, khususnya kambing mulai merangkak naik. Kenaikan yang terjadi bervariasi, mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu per ekornya.

“Kenaikannya secara bertahap. Dan sudah mulai terjadi sejak setelah Lebaran Idul Fitri kemarin,” ujar salah seorang pedagang hewan kurban, di Pasar Semanggi, Solo, Muh Alim kepada wartawan, Senin (7/8).

Ia mengaku, untuk harga kambing Jawa yang dijualnya mulai dari Rp 1 hingga Rp 2 juta per ekor. Harga jual yang diberlakukan itu cenderung lebih mahal dari periode normal sebelumnya.

Sedangkan untuk permintaan sendiri, menurutnya hingga sekarang masih cukup landai. Dan jika melihat pengalaman tahun sebelumnya, permintaan baru akan mulai ramai sekitar seminggu sebelum perayaan Idul Adha.

“Jika dibanding dengan kondisi normal sebelumnya, selisihnya sekitar Rp 100 ribu – Rp 200 ribu lebih mahal untuk per ekornya. Dan kalau melihat trennya, harga masih akan terus merangkak naik, seiring dengan mendekati hari raya Idul Adha,” jelasnya.

Sementara itu, pedagang lainnya, Irfan Mahmud, juga mengatakan hal serupa. Menurutnya, untuk saat ini permintaan hewan kurban dari konsumen masih cenderung landai. Namun demikian transaksi antar pedagang sudah mulai ramai, karena untuk dijual kembali.

“Kalau sekarang itu baru banyak yang tanya-tanya untuk membandingkan harga. Ramainya biasanya seminggu sebelum perayaan Idul Adha,” terangnya.

Untuk memfasilitasi kebutuhan hewan kurban pada perayaan Idul Adha kali ini, ia mengaku telah menyediakan berbagai jenis kambing. Mulai dari jenis kambing Jawa Etawa, Kacang, Randu dan Domba. Sedangkan untuk harga jualnya bervariasi, mulai dari Rp 1,3 juta hingga Rp 6,5 juta per ekor. Perbedaan harga tersebut tergantung dari jenis dan ukuran kambing yang diinginkan.

“Kalau dari sisi harga memang sudah ada kenaikan sekitar Rp 500 ribu per ekornya. Misalnya sebelumnya Rp 800 ribu per ekor, sekarang kita jual Rp 1,3 juta per ekor,” tandansya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge