0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Apakah Sabun Bisa Membunuh Kuman?

Sabun. (Dok: Timlo.net/ RD.com)

Timlo.net—Kita dibesarkan untuk percaya jika kita ingin membersihkan tubuh dari kotoran dan membunuh kuman, kita harus menggunakan sabun saat mandi atau cuci tangan. Tapi para peneliti menunjukkan jika sabun hanya menghilangkan kotoran dan memindahkan kuman dari kulit. Sabun tidak membunuh kuman, hanya memindahkan dari lokasi satu ke lokasi lain. “Batang sabung bisa dan kemungkinan memiliki kuman di dalamnya,” kata Debra Brooks, MD dari Northwell Health-GoHealth Urgent Care dilansir dari Reader Digest. Tapi jangan panik, karena kuman di dalam sabun tidak akan membuat kita sakit.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam the Journal of Epidemiology and Infection, para peserta mandi sabun yang sudah terkontaminasi. Tapi kemungkinan kuman itu berpindah kepada tubuh mereka kecil. Debra berkata, “Jika Anda memiliki kesehatan yang baik, Anda seharusnya tidak memiliki masalah untuk melawan kuman yang ada di batang sabun secara alami. Plus, mudah untuk membasmi kuman pada sabun karena lapisan atas sabun biasanya larut di dalam air.”

Jika Anda masih kuatir dan ingin lebih berhati-hati, ada solusinya. Tutupi sabun dan simpan di tempat kering. Selain menjaga sabun dari kuman, hal ini juga membuatnya lebih awet. Selain itu, bilas sabun sebelum dan sesudah menggunakannya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge