0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Basofi Soedirman Berpulang

Basofi Soedirman (merdeka.com)

Timlo.net – Mantan Gubernur Jawa Timur di era pemerintahan Soeharto, Basofi Soedirman, meninggal dunia di RS Medistra, Jakarta, Senin (7/8). Pria yang menjabat gubernur dari tahun 1993-1998 ini berpulang sekitar pukul 11.00 WIB karena sakit. Dia juga sempat menjalani perawatan di luar negeri.

“Iya benar, Basofi meninggal setelah beberapa lama dirawat di Rumah Sakit Medistra yang sempat juga menjalani perawatan di Singapura,” kata adik kandung Basofi, Laeili Nuraeni saat dihubungi melalui telepon, Senin (7/8).

Senin siang, jenazah Basofi masih ada di rumah sakit untuk dimandikan dan rencananya setelah dari rumah sakit akan dibawa ke rumah duka di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

“Belum tahu akan dimakamkan kapan dan di pemakaman mana. Masih menunggu kesepakatan keluarga,” kata Laeili.

Basofi Soedirman lahir di Bojonegoro, Jawa Timur, 20 Desember 1940, sebelumnya pernah menjabat sebagai Kasdam I/Bukit Barisan (1986-1987) dan Wakil Gubernur Jakarta tahun (1987-1992).

Almarhum yang semasa menjadi gubernur pernah berkarier sebagai penyanyi, dengan single ‘Tidak Semua Laki-laki’ adalah putra dari Letjen TNI (Purn.) H. Soedirman yang merupakan tokoh terkenal di Bojonegoro, dan merupakan pahlawan nasional dari Kabupaten Bojonegoro.

Berkat pengaruh ayahnya, sejak kecil Basofi sudah bercita-cita menjadi tentara.

Sebagian cara hidup yang biasanya dialami tentara juga sudah sering dialaminya sejak kecil. Pada masa revolusi, Basofi kecil sudah sering harus ikut mengungsi. Setelah Belanda mengakui kedaulatan RI pun, ia masih harus berpindah-pindah karena tugas ayahnya selaku tentara menghendaki begitu.

Basofi meninggalkan seorang istri dan tiga anak, yaitu satu putri dan dua putra.

[did]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge