0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polisi di Chicago Pakai Software Untuk Prediksi Kejahatan

Polisi gunakan drone. (Dok: Timlo.net/ Ubergizmo. )

Timlo.net—Film tahun 2002 yang dibintangi Tom Cruise, “Minority Report” mengisahkan pemerintah menggunakan teknologi untuk memprediksi dan mencegah kejahatan sebelum terjadi. Walaupun merupakan film fiksi futuristik, rupanya apa yang digambarkan dalam film itu membuat orang terinspirasi.

Negara seperti negara Cina mulai mengembangkan teknologi serupa dengan teknologi yang dipakai dalam film itu. Sekarang Reuters memberitakan jika polisi di Chicago juga mengembangkan teknologi yang sama. Memang teknologi ini tidak menghentikan kejahatan sebelum terjadi, tapi membantu mengurangi angka kejahatan. Angka penembangkan di 7th District, Chicago, Amerika Serikat (AS) turun 39% selama bulan Januari hingga Juli 2017. Angka pembunuhan juga turun 34%.

Software itu digunakan untuk menentukan di mana dan kapan petugas polisi ditempatkan di lapangan. Penempatan itu berdasarkan data sosioekonomis, cuaca, lokasi bisnis dan lain-lain. Jonathan Lewin, kepala Bureau of Technical Services, Chicago Police Department berkata, “Kami tidak berkata kami bisa memprediksi kapan penembakan terjadi berikutnya. Hal-hal ini hanyalah alat. Mereka tidak akan menggantikan [para petugas].”

Pda dasarnya, software itu menolong polisi menempatkan sumber daya mereka secara efisien. Dengan demikian kejahatan di tempat-tempat tertentu bisa dikurangi. Walaupun tidak sama dengan teknologi dalam film “Minority Report”, tapi software itu juga tidak benar-benar berbeda.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge