0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sekolah Sungai, Gubernur: Klaten Juaranya

Deklarasi Gerakan Masyarakat Cinta Sungai untuk Indonesia Sejahtera dalam pembukaan Pembekalan Fasilitator di Sekolah Sungai angkatan IV dan Sekolah Gunung angkatan I di pelataran Candi Plaosan (timlo.net/a wijaya)

Klaten — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi langkah Pemkab dan BPBD Klaten yang telah membangun kapasitas masyarakat melalui gerakan Sekolah Sungai. Sebab, gerakan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) itu mampu telah membentuk masyarakat yang mampu mengelola dan mengurangi risiko bencana.

“Di Klaten juaranya itu (Sekolah Sungai). Selain sebagai pionir, karena kekuatan gotong royongnya. Kepeduliannya muncul, relawanisme mulai berjalan, tidak hanya bikin sungai bersih, tapi karena partisipasi masyarakatnya banyak sekali,” kata Ganjar saat membuka Pembekalan Fasilitator Sekolah Sungai angkatan IV dan Sekolah Gunung angkatan I, di pelataran Candi Plaosan, Minggu (6/8) sore.

Berdasarkan data BPBD Jateng, kata dia, sepanjang tahun 2016 lalu ada 2.112 kejadian bencana. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun 2015 lalu yang berjumlah 1.573 kejadian atau meningkat 34,26 persen.

Rinciannya, peristiwa banjir ada 296 kali, longsor 927 kali, kebakaran 468 kali, angin topan 419 kali. Total kerugian materil ditaksir mencapai Rp 3,235 triliun.

Ganjar mengapresiasi “virus” Sekolah Sungai yang diinisiasi dari Klaten telah menjadi gerakan nasional bersama PRB oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Bahkan telah melahirkan gerakan sekolah serupa seperti Sekolah Gunung, dan Sekolah Laut.

“Indeks resiko bencana kita lumayan tinggi. Kita butuh kekuatan kelompok ini untuk kawin dengan masyarakat, Perguruan Tinggi dengan riset-risetnya, pemerintah pasti, sehingga memunculkan awareness. Ide ini (Sekolah Sungai) ternyata menular seperti virus, lalu muncul sekolah gunung, sekolah laut, dan sekolah sampah barangkali. Artinya, kalau alasannya enggak punya duit, enggak kreatif itu. Karena human capital yang kita miliki lebih dari duit,” tandasnya.

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge