0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gowes Bareng Anak-anak, Walikota Solo Dorong Penggunaan Sepeda Angin

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyampaikan materi tentang Sejarah Monjari kepada anak-anak usai gowes bareng dari Loji Gandrung, Minggu (6/8) (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Walikota Solo gowes bareng ratusan anak yang tergabung dalam Forum Anak Kota Solo, Minggu (6/8). Diikuti sekitar 250 anak, kegiatan tersebut menjadi ajang bagi orang nomor satu di Solo itu untuk mengajak anak-anak memanfaatkan sepeda angin sebagai sarana transportasi.

“Kita mengajari anak-anak bahwa anak-anak berhak menghirup udara segar. Caranya dengan bersepeda. Bukan dengan mobil atau sepeda motor yang menimbulkan polusi,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo usai kegiatan.

Kegiatan tersebut sekaligus bertujuan untuk mendorong anak-anak agar kembali memanfaatkan sepeda angin sebagai saran transportasi ke sekolah. Dalam dekade terakhir, jumlah murid pengguna sepeda angin untuk transportasi sekolah berkurang drastis.

Mereka beralih ke sepeda motor meskipun belum memenuhi syarat usia. Selain menimbulkan polusi, maraknya anak ke sekolah dengan sepeda motor berdampak kepada meningkatnya kecelakaan lalu lintas.

“Saya yakin semakin banyak anak yang berangkat sekolah dengan sepeda, masyarakat akan semakin berhati-hati dalam berlalu lintas. Pastinya kita tidak mau ada apa-apa dengan anak-anak kita,” kata dia.

Acara gowes bareng dimulai di Rumah Dinas Walikota Solo, Loji Gandrung pukul 06.30 WIB. Rombongan berangkat menuju Monumen Banjarsari lewat Jalan Slamet Riyadi, Jenderal Sudirman, Urip Sumoharjo, Sutan Syahrir. Sampai di Monjari, Walikota bercengkerama dengan anak-anak sambil menceritakan sejarah Monumen Banjarsari.

“Dahulu di Solo terjadi serangan empat hari. Tempat adik-adik sekarang ini dahulu tempat jatuhnya bom yang menyerang Solo,” kata dia di hadapan anak-anak.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge