0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hobi Ayam Ketawa, Moncer di Luar Kota Solo

Salah seorang anggota Komunitas Paras sedang melatih ayam ketawa bertengger di kawasan CFD Jalan Slamet Riyadi, Solo (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Memiliki hobi memelihara ayam mungkin tak asing bagi sebagian kalangan. Seperti yang dilakukan oleh Komunitas Paguyuban Ayam Ketawa Solo Raya (Paras). Ayam yang mereka pilih adalah jenis ayam ketawa yang berasal dari Sulawesi. Uniknya, ayam ini memiliki ciri khas pada suara kokokan yang bisa berirama.

“Kami menyukai ayam ini karena bunyi kokokannya yang khas dan berbeda dari ayam kebanyakan,” kata pehobi ayam ketawa, Mulyadi saat berbincang dengan Timlo.net di Kawasan CFD Jalan Slamet Riyadi, Minggu (6/8) pagi.

Dalam pemeliharaannya, ayam yang mendapat julukan “ayam jantan dari timur” ini tidaklah sulit. Hanya saja, butuh ketelatenan dalam merawat agar penampilan ayam tersebut nampak segar dan perkasa.

“Nilai jual dalam ayam ini adalah kokokannya, tapi jika ditunjang dengan penampilannya yang gagah tentunya akan meningkatkan nilai jual,” jelasnya.

Di Kota Solo, kata Mulyadi, penggemar ayam ketawa masih tergolong minim. Meski begitu, di sejumlah kota besar atau di luar Jawa justru telah terkenal. Meski pamornya tak setenar seperti ayam petarung, namun sudah banyak kontes yang mengusung hobi ayam ketawa.

“Kota Solo sendiri masih minim, tapi tidak menutup kemungkinan akan moncer suatu saat nanti,” kata Mulyadi yakin.

Terkait Komunitas Paras di Kota Solo, Mulyadi mengaku jumlah anggota mencapai puluhan orang. Sedangkan, untuk grup online mencapai ratusan orang.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge