0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wanita Berbokong Besar Lebih Sehat?

Bokong. (Dok: Timlo.net/ APost.com)

Timlo.net—Penelitian terbaru menyatakan jika paha dan pinggang wanita yang besar bisa mencegah lemak memasuki organ dalam. Dengan demikian jantung dan paru-paru terlindungi. Oleh karena itu para wanita berbokong besar memiliki resiko yang lebih rendah terkena serangan jantung, stroke dan diabetes.

Para peneliti memonitor distribusi lemak lewat scan MRI dan check-up kesehatan reguler. Menurut pemimpin penelitian Dr. Norbert Stefan, ahli diabetes dari the University of Tubingen di Jerman, wanita dengan pinggang berbentuk buah pir cenderung memiliki tempat penyimpanan lemak yang aman. Terutama bila dibandingkan dengan wanita berbentuk apel.

Tim Norbert berkata jika tidak semua lemak diciptakan setara. Bahkan lemak di pinggang dan paha, yang disebut lemak subcutaneous memiliki tujuan yang benar-benar berbeda dari lemak perut (lemak visceral). Lemak perut mengeluarkan zat kimia berbahaya dan asam lemak yang bisa merusak sistem kardiovaskular. Lemak perut menyebabkan kolesterol tinggi, resistansi insulin dan diabetes. Sedangkan lemak subcutaneous melindungi jantung.

Akan tetapi, manfaat ini tidak berlaku untuk wanita yang kelebihan berat badan. Data itu menyatakan jika tingkat lemak pada jantung dan paru-paru wanita seperti ini sudah terlalu tinggi. Jadi lemak subcutaneous di paha dan pinggang tidak lagi efektif.

Sumber: Reader Digest.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge