0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Realisasi KPR Seret, Ini Penyebabnya

Pameran perumahan (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Realisasi pembiayaan kredit pemilikian rumah (KPR) yang dilakukan oleh perbankan pada semester pertama belum sesuai ekspektasi. Selain karena factor ekonomi, minimnya pencairan KPR tersebut karena banyak pengembang yang kesulitan mendapatkan izin membangun perumahan.

“Sampai dengan semester pertama kemarin realisasi KPR yang kita kucurkan baru Rp 35 miliar. Padahal target kita hingga akhir tahun sebesar Rp 80 miliar,” ujar Kepala Cabang BTN Solo Dwihatmo Arisumasto kepada wartawan, Sabtu (5/8).

Menurut Dwi, seretnya realiasi penyaluran kredit pemilikan rumah tersebut karena dipengaruhi beberapa faktor. Diantaranya adalah kondisi ekonomi yang dianggap belum stabil, dan kurang siapnya pengembang dalam menyediakan rumah subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

“Sebenarnya kita sudah ada pengajuan KPR dari nasabah sekitar Rp 20 miliar. Namun karena perumahan yang diinginkan tersebut belum terbangun, akhirnya dananya sampai sekarang belum bisa dicairkan,” jelasnya.

Melihat kondisi itu, ia berharap pada semester dua kali ini kondisinya bisa jauh lebih baik. Pasalnya, jika sektor perumahan bisa bergeliat kembali tentu multi player efeknya bisa mendongkrak perekonomian masyarakat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge