0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terapkan Parkir Elektronik, Solo Menuju Smarc City

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Wakil Walikota Solo Ahmad Purnomo menjajal parkir elektronik di Jl. Gatot Subroto. (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Parkir elektronik di ruas Jalan Gatot Subroto, Solo resmi digunakan mulai Jumat (4/8). Peresmian tersebut dilakukan langsung oleh Walikota FX Hadi Rudyatmo.

Parkir elektronik ini menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan sistem pembayaran cashless atau tanpa uang tunai. Penggunaan uang tunai diganti dengan menggunakan kartu e-money.

“Ini merupakan pengembangan dari Pemkot sejak 2016. Elektronifikasi di kawasan Coyudan, dulu hanya sebatas sistemnya, tapi pembayaran masih cash. Kalau sekarang sistemnya elektronik, bayarnya pun memakai e-money,” kata Kabid Perparkiran Dinas Perhubungan Solo, Muhammad Usman.

Secara teknis para pengunjung yang akan memasuki kawasan parkir harus menempelkan kartu e-money pada mesin parkir elektronik bernama electronic data capture (EDC) tersebut. Kemudian, lanjutnya, pengunjung memperoleh struk yang keluar dari mesin tersebut.

“Nanti mesin akan membaca pengunjung masuk jam berapa, nah saat keluar pengunjung menempelkan lagi kartu e-money-nya dan akan berkurang saldo yang dimiliki, sesuai dengan tarif parkir progresif yang dikenakan,” terangnya.

Sementara Walikota Hadi Rudyatmo mengatakan, elektronifikasi pembayaran parkir merupakan salah satu bagian untuk menuju Solo sebagai smart city. Tak hanya parkir, jelasnya, Solo telah menerapkan sistem elektronik pada pembayaran retribusi dan pajak.

“Pungutan retribusi tanpa tunai akan tingkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Setiap pemasukan nanti akan terekam dan tercatat dengan jelas. Hal ini biaa mengurangi penyimpangan anggaran,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge