0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

10 Persen Dana Desa Tahap I Masuk Silpa

(Ilustrasi) Uang (dok.timlo.net/red)

Karanganyar — Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Karanganyar menghitung Dana Desa tahap I terserap 90 persen. Sedangkan sisa 10 persen merupakan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) dari penghematan belanja.

“Silpa dalam Dana Desa diperbolehkan dan masuk di APBDes. Itu bukan kegiatan yang gagal dilaksanakan. Tapi berupa penghematan dan efisiensi,” kata Kepala Dispermasdes Karanganyar, Utomo Sidi Hidayat kepada Timlo.net, Jumat (4/8).

Nantinya, Silpa itu dapat dialokasikan membiayai kegiatan setelah dimasukkan dalam APBDes tahun berikutnya. Mengenai Dana Desa tahap II, Dispermasdes mendorong pemdes segera mengajukan pencairannya. Pada tahap ini, masih terdapat sasaran fisik seperti betonisasi jalan, membangun gapura kampung, rehab rumah tidak layak huni dan sebagainya.

Sementara itu Kades Wonorejo, Jatiyoso, Sudrajat mengatakan Dana Desa tahap I direalisasikan 70 persen untuk fisik dan 30 persen untuk pemberdayaan maayarakat. Dari belanja itu, tercatat Silpa Rp 16.510.000.

“Dana Desa tahap II akan kami ajukan pekan ini. Ada Silpa dari tahap II karena selisih harga semen,” katanya.

Diprediksi, Silpa Dana Desa 2017 di Wonorejo Rp 34.448.200.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge