0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasrah Putusan PN Tipikor Semarang, Tiga Terpidana Korupsi Dieksekusi

Tiga terpidana korupsi pengadaan gamelan Disdik Wonogiri dieksekusi Kejari Wonogiri ke Rutan Kelas IIB Wonogiri (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Tiga terpidana kasus korupsi pengadaan 40 set gamelan 2014 dieksekusi Kejari Wonogiri ke Rutan Kelas IIB Wonogiri. Hal itu dilakukan setelah Tipikor Semarang pada Rabu (19/7) mengganjar ketiganya dengan putusan penjara satu tahun.

“Ketiganya menyatakan menerima dan pasrah akan putusan dari PN Tipikor Semarang , dan juga tidak akan naik banding. Putusan ini sudah inkracht atau berkekuatan hukum tetap. Sebelumnya mereka diberi waktu sepekan menentukan sikap menerima atau banding,” ungkap Kajari Wonogiri Dodi Budi Kelana melalui Kasie Pidsus Hafidz Muhyidin, Jumat (4/8).

Disebutkan, ketiga terpidana kasus pengadaan gamelan Disdik Wonogiri 2014 tersebut adalah Sunarmo, Agus Suparto, dan Suwardi. Saat proyek berlangsung Sunarmo dan Agus merupakan Direktur dan Komanditer CV Berkah Dewa Dewi (BDD). Sedangkan Suwardi adalah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pendidikan (sekarang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atau Disdikbud).

“Petikan putusan Pengadilan Tipikor kami terima Kamis (3/8). Hari ini eksekusi kami laksanakan sesuai perintah pengadilan. Jadi, terhitung hari ini mereka sudah jadi terpidana,” kata dia.

Para terpidana, lanjut Hafidz, menjalani hukuman pokok dipotong seperlima masa tahanan kota. Mereka sudah menjalani tahanan kota lebih kurang tujuh bulan, yakni sejak ditetapkan sebagai tersangka saat penyidikan, 3 Januari, hingga petikan putusan Pengadilan Tipikor diterima kejari, Kamis lalu.

Seperti diketahui, Kejari Wonogiri menyelidiki kasus itu sejak 2016. Setelah mengantongi dua alat bukti cukup, kejari menetapkan Sunarmo, Agus, dan Suwardi sebagai tersangka. Proyek yang mereka tangani merugikan negara senilai Rp189 Juta. Penyimpangan terjadi sejak proses lelang hingga realisasi. Gamelan yang diadakan dinilai tak sesuai spesifikasi.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge