0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ansor Banser Didorong Mandiri Ekonomi dengan Usaha Bersama

Kasatkornas Banser Alfa Isnaini didampingi Ketua PC Ansor Sukoharjo Sahid Mubarok panen ikan nila (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Anggota Banser dan Ansor di daerah didorong meningkatkan kemandirian ekonomi dengan membentuk kelompok usaha bersama. Di Sukoharjo sendiri, program dari Satuan Kordinasi Nasional Banser sudah dilakukan dengan membentuk unit kelompok usaha petani ikan.

“Dari pusat membuat program penguatan dan kemandirian ekonomi organisasi di masing-masing daerah dengan membentuk unit usaha bersama. Kita sudah merintis sejak awal dengan membentuk unit usaha bersama anggota Baser dan Ansor budidaya ikan nila di Waduk Mulur,” kata Ketua Pengurus Cabang Ansor Sukoharjo, Sahid Mubarok, Jumat (4/8).

Kelompok usaha bersama Banser Ansor Sukoharjo ini total memiliki 10 unit karamba di Waduk Mulur, Kecamatran bendosari, dua unit untuk pembenihan dan delapan unit untuk pembesaran. Dari 10 unit karamba, Rabu (2/8) sudah berhasil panen lima karamba dengan perolehan mencapai empat ton ikan nila segar.

Melihat potensi yang luar biasa tersebut, Kasatkornas Banser, Alfa Isnaini di sela-sela kegiatan kordinasi Banser di daerah menyempatkan ikut panen ikan nila. Pihaknya menjanjikan akan memberikan tambahan modal untuk unit usaha bersama tersebut sebesar Rp 5 juta untuk menambah semangat para anggota.

“Potensinya ternyat sangat luar biasa, dari lima unit karamba saja hasilnya bisa mencapai 4 ton jika per kilonya mencapai Rp 22 ribu, sudah bera itu nilainya. Makanya saya mendorong untuk unit usaha bersama ini dikembangkan dan akan saya berikan tambahan modal sekadarnya,” tandas Alfa Isnaini saat ikut memanen ikan nila di Waduk Mulur.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge