0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Semakin Lama Orang Menjawab Chat, Semakin Mereka Tidak Suka Dengan Anda?

Menunggu jawaban chat. (Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk)

Timlo.net—Jadi Anda bertemu dengan seseorang yang sangat Anda sukai. Anda berbicara dengan mereka, dan berhasil memperoleh nomor telepon mereka. Setelah Anda memberanikan diri memulai chat. Lalu Anda menunggu balasan mereka. Durasi waktu Anda menunggu jawaban itulah yang membuat banyak orang merasa sengsara. Ada banyak skenario yang berputar di kepala kita. Mungkin dia sedang sibuk, pergi berlibur atau memang sengaja tidak mau membalas.

Dr. Max Blumberg, psikolog hubungan berbincang dengan MirrorOnline untuk menolong pembaca tahu jika ada hubungan antara lama tidaknya seseorang membalas chat kita dengan perasaan mereka.

Menurut Dr. Max, ada hubungan antara waktu yang diambil seseorang untuk membalas chat dengan perasaan mereka. “Chat membuat hal yang tidak terhindarkan terjadi lebih cepat. Jika seseorang menyukai Anda, kemungkinannya mereka akan membalas chat dengan cepat,” katanya.

Kecepatan orang menjawab chat atau SMS adalah fenomena modern. Kita hidup dalam jaman di mana masyarakat tidak lagi hidup dalam kepuasan yang tertunda, ujar Dr. Max.

Sayangnya, jika orang memerlukan waktu lama untuk membalas chat atau SMS, berarti mereka tidak menyukai Anda. “Di sisi lain, jika orang memerlukan waktu untuk menjawab, hal itu berarti buruk,” ujar Dr. Max.

“Waktu yang diperlukan seseorang untuk merespon permintaan kencan, kebanyakan berhubungan dengan cara orang itu menghitung nilai ajakan dari orang yang menawarkan,” ucapnya.

“Yang kita lakukan adalah kita secara sadar menilai orang berdasarkan apakah mereka menarik atau tidak, kekayaan, kepribadian, status, gaya, IQ, kecerdasan emosional, kebaikan dan empati, dan lain-lain. Saat kita pertama kali bertemu seseorang, kita menilai mereka berdasarkan hal-hal ini. Lalu, Anda membandingkan skor itu dengan skor yang Anda berikan untuk diri Anda sendiri,” jelas psikolog itu.

Jika Anda menilai seseorang dengan tinggi, secara sadar Anda merasa kalian berdua adalah pasangan yang pas. Hal ini akan menentukan waktu respon Anda. Hal serupa jika Anda secara sadar percaya jika skor mereka lebih tinggi dari Anda.

Tapi aturan ini tidak bersifat absolut. Ada orang yang minder dan ada orang yang terlalu percaya diri. Hal itu berarti ada kesenjangan antara skor mereka dan skor yang mereka berikan untuk orang lain.

Lantas bagaimana jika mereka benar-benar sibuk? Atau misalnya jika mereka berlibur? “Karena orang biasanya cepat menjawab chat, jika seseorang tidak menjawab dengan cepat, ada beberapa alasan dan tidak ada yang baik. Ya, mereka bisa jadi sedang liburan, atau mereka bermain-main, yang adalah alasan terbaik yang mungkin ada,” terangnya.

“Intinya, dalam era pesan instan jika ada alasan kenapa mereka memilih tidak menjawab dan alasannya tidaklah baik,” ujar Dr. Max menyimpulkan.

Memang kadang-kadang alasan kenapa orang tidak menjawab pesan chat atau SMS kita adalah karena mereka bermain-main. Biasanya hal ini dilakukan wanita terhadap pria yang mengirim pesan chat.

“Wanita bersikap jinak-jinak merpati karena itu ada dalam gen mereka. Psikologi evolusioner berkata para wanita mengandung anak, jadi mereka harus memastikan jika pria itu layak,” terang Dr. Max.

Jika wanita memakai cara ini, hal ini berarti mereka benar-benar menyukai sang pria. Lantas bagaimana jika seseorang menjawab dengan begitu cepat?

“Anda mungkin menilai diri Anda terlalu rendah atau menilai mereka terlalu tinggi. Jadi Anda akan berpikir ‘saya tidak percaya X menjawab saya begitu cepat’,” katanya.

“Dan kebanyakan pria akan menjawab dengan cepat-karena mereka suka mengambil kesempatan!” katanya lagi.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge