0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BPS akan Lakukan Sensus Ekonomi Lanjutan

Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Solo akan kembali melakukan sensus ekonomi lanjutan 2016. Sensus ekonomi  (SE) lanjutan yang akan dilakukan pada Agustus hingga September tersebut bertujuan untuk melengkapi data sensus sebelumnya agar lebih spesifik.

“Pada sesus ekonomi lanjutan ini kita akan fokus melakukan pendataan usaha mikro kecil dan usaha menengah besar (UMK-UMB),” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Jumat (4/8).

Menurut Bagus, salah satu tujuan dilakukan SE lanjutan ini adalah untuk mengetahui profil rinci, serta kendala dan prospek usaha di wilayah Solo. Sementara itu, untuk jumlah responden yang dibutuhkan untuk pendataan sensus ekonomi lanjutan tersebut sebanyak 2.059 UMB dan 5.990 UMK.

Dengan adanya data statistik yang dihasilkan, lanjut dia, dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan, perumusan kebijakan dan perencanaan.

“Selain itu dengan adanya data yang akurat harapannya juga bisa sebagai alat monitoring dan evaluasi kegiatan sektoral untuk prioritas pembangunan,” jelasnya.

Dari hasil listing SE 2016 yang dilakukan sebelumnya, Bagus menyebut dalam kurun waktu 10 tahun pertumbuhan jumlah usaha di wilayah Solo sebesar 10,27 persen. Yaitu dari 74.853 usaha pada 2006, menjadi 82.541 usaha pada 2016.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge