0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Unik, Calhaj Yogya Kenakan Blangkon ke Tanah Suci

Calhaj asal Yogyakarta mengenakan blangkon di Asrama Haji Donohudan, Boyolali (dok.timlo.net/ist)

Boyolali — Pemandangan unik nampak dari calon jamaah haji (calhaj) asal Yogyakarta yang datang ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Mereka, mengenakan blangkon sebagai salah satu identitas kedaerahan yang mereka miliki.

“Kami dari KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) Daarul Qur’an Muslimat NU Kabupaten Gunung Kidul,” terang ketua regu, Supriyanto, Jumat (4/8) pagi.

Calhaj berblangkon ini tiba sekitar pukul 09.00 WIB. Dari 360 Calhaj, 134 diantaranya mengenakan blangkon khas Yogyakarta. Dengan warna hitam dan terdapat punuk di bagian belakang membuat ratusan jamaah tersebut mendapat perhatian lebih dari beberapa petugas.

Dipilihanya blangkon yang dikenakan ini, menurut Supriyanto, adalah salah satu cara untuk menyebarkan kebudayaan Indonesia khususnya Yogyakarta kepada seluruh jamaah haji di Tanah Suci. Apalagi, blangkon yang dipakai ini unik dan tiada tandingannya di negara manapun.

“Ini sebagai penanda jamaah haji asal Indonesia, khususnya Yogyakarta,” kata Supriyanto.

Kasubag Humas PPIH Embarkasi Solo, Badrus Salam mengatakan, tidak ada larangan untuk memakai tanda khusus kewilayahan yang digunakan Calhaj. Justru dengan mengenakan tanda khusus tersebut malah memudahkan PPIH mengenali kloter mereka.

“Kecuali saat ibadah Ihram. Jamaah haji tidak  boleh mengenakan apapun selain kain putih yang melekat di badan. Untuk ibadah lainnya tidak masalah, justru malah memudahkan petugas,” kata Badrus.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge