0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Penghargaan Lingkungan Hidup Ini Disoal Warga

Penyerahan piala adipura oleh Menteri Lingkungan Hidup kepada Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya (ist)

Sukoharjo — Kabupaten Sukoharjo kembali menerima penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup atas kinerja pemerintah dalam melaksanakan pembangunan daerah. Namun demikian, sejumlah pihak menanyakan parameter pemberian penghargaan, karena dinilai masih banyak persoalan yang belum terselesaikan.

“Sebagai warga Sukoharjo saya tentunya sangat bangga dengan penghargaan tersebut, asalkan sesuai dengan kenyataan di lapangan. Karena masih banyak pembangunan di Sukoharjo yang justru berdampak buruk terhadap lingkungan hidup, seperti citywalk, dan pembangunan gedung di lahan hijau,” kata salah satu pegiat lingkungan hidup, Joko Cahyono, Kamis (3/8).

Pembangunan citywalk dinilai justru mengakibatkan banjir yang bisa dipatikan terjadi setiap tahun dan menggenangi Jalan Jendral Sudirman. Selain itu pembangunan Kantor Dinas Pendidikan dan rencana kantor DPRD di Desa Mandan dinilai tidak tepat, karena berada di atas lahan hijau dan masih banyak lagi persoalan, seperti sampah dan pencemaran sungai belum terselesaikan dengan baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup melalui release dari Humas Pemkab Sukoharjo menyebutkan ada dua penghargaan sekaligus yang diterima Pemkab Sukoharjo dari Kementerian Lingkungan Hidup. Nirwasita Tantra tentang metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup, dan Piala Adipura untuk yang ke dua kalinya setelah tahun 2016 juga berhasil meraih Adipura.

“Penghargaan Nirwasita Tantra merupakan penghargaan dari Pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah atas program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya. Sukoharjo ini menerima Adipura dikarenakan pengelolaan Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Sampah, dengan baik,” tandas Kepala Dinas Lingkungan Hidpu, Djoko Sutarto.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge