0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ingin Dapat Layanan KB? Hubungi Si Asep

Pasang alat kontrasepsi (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Pemkab Sragen me-launching Sistem Informasi Aseptor (Si Asep) bagi peserta program Keluarga Berencana (KB). Sistem layanan secara online ini diharapkan bakal memudahkan para aseptor untuk mendapat pelayanan KB.

“Kita launching Si Asep ini lantaran peserta KB pemegang kartu aseptor ini banyak yang hilang. Selain itu juga keterbatasan petugas PLKB di lapangan karena banyak yang pensiun, belum ada penggantinya,” kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3) Sragen, Joko Sugeng, Kamis (3/8).

Usai acara Peringatan Hari Keluarga dan Hari Anak Nasional di Kampung Kroyo, Kecamatan Karangmalang, Joko menjelaskan, karena beberapa faktor tersebut pihaknya berupaya mencari solusi agar pelayanan KB tetap bisa berjalan, kendati dengan petugas yang terbatas.

Dengan Si Asep tersebut petugas tidak harus ke lapangan untuk sekadar mengingatkan aseptor KB yang jumlahnya sekitar 115.115 orang bila jangka waktu pemasangan alat kontrasepsi yang digunakan telah berakhir. Melalui aplikasi tersebut handphone para aseptor akan berbunyi secara otomatis sebagai pemberitahuan.

“Harapannya dengan aplikasi ini petugas punya akses dengan semua aseptor yang ada. Sehingga bisa memperingatkan aseptor kalau udah jatuh tempo untuk menggunakan atau mengganti alat KB lagi,” terangnya.

Hanya saja, Joko mengakui, bagi aseptor yang tidak memiliki handphone android memang tidak bisa mengikuti program ini. Pasalnya, aplikasi Si Asep terlebih dahulu harus diunduh agar bisa digunakan. Untuk itu tetap diperlukan keaktifan petugas dan bidan desa untuk memberikan penyuluhan langsung ke masyarakat.

Joko menambahkan bagi aseptor yang tidak memiliki akses dengan Si Asep, pihaknya telah mewacanakan dengan SMS Reminder  seperti yang selama ini dipakai oleh BPJS Kesehatan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge