0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bebadan Dalem Keraton Kasunanan Surakarta segera Digedok

Staf Khusus Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bidang Pemerintahan, Budi Prasetyo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Staf Khusus Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bidang Pemerintahan, Budi Prasetyo, melakukan sosialisasi SK Mendagri No 430-2933 Tahun 2017, tentang Penetapan Status dan Pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta, di Sasana Handrawina, Kamis (3/8) siang. Acara ini dihadiri Mahapatih KGPHPA Tedjowulan, GKR Pakubuwono, KGPH Dipokusumo dan jajaran Pemkot Solo.

“Kita meminta Keraton Surakarta untuk bisa membentuk Bebadan sebagai lembaga Keraton yang sah, yang akan berhubungan langsung dengan pemerintah, melalui UPT,” kata Budi Prasetyo, saat dijumpai sejumlah wartawan di Puri Kamendungan.

Dikatakan, stuktur organisasi ini sudah mengerucut dan hampir final. Pada tanggal 7 Agustus nanti pihaknya sudah menerima nama dari Bebadan Dalem.

“Nanti setelah terbentuk, kita tinggal jelaskan Tupoksinya seperti apa,” katanya.

Sementara Juru bicara Keraton Kasunanan Surakarta, KP Bambang Pradotonagoro, menjelaskan, Keraton Kasunanan Surakarta tengah membentuk struktur organisasi atau bebadan dalem sebagai kabinet yang dipimpin Raja Pakubuwono (PB) XIII. Bebadan tersebut akan diisi oleh orang-orang profesional, dan ahli di bidangnya.

“Bebadan Dalem dapat dijabat oleh orang di luar keturunan PB XII. Orang luar bisa masuk, Sentana Dalem bisa masuk,” katanya.

Pengajuan nama-nama yang akan berada di dalam Bebadan Dalem telah disodorkan kepada PB XIII. Meski begitu belum ada keputusan.

“Strukturnya sudah ada, nama-nama juga sudah ada, tinggal nanti bagaimana Sinuhun,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge