0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Apa Hasilnya Jika Hanya Berolahraga di Akhir Pekan Saja?

Plank. (Dok: Timlo.net/fitmw.com)

Timlo.net—Kebanyakan orang merasa kesulitan untuk berolahraga di hari kerja karena jadwal mereka yang padat. Atau sekalipun mereka memiliki waktu di hari kerja untuk berolahraga, mereka sudah kelelahan karena aktivitas kerja mereka. Biasanya mereka memilih berolahraga di akhir pekan. Lantas apakah berolahraga pada hari Sabtu dan Minggu saja sudah cukup? Sebuah survei baru yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine berusaha menjawab pertanyaan ini.

Tim peneliti dari Harvard University School of Public Health dan beberapa universitas di Inggris dan Australia mensurvei 63.591 orang dewasa. Mereka menemukan jika orang yang berolahraga pada akhir minggu tetap lebih sehat dibandingkan yang tidak berolahraga sama sekali. Durasi olahraga adalah 150 menit, dan bisa dibagi dalam dua sesi per minggu. Masing-masing sesi berdurasi 75 menit. Resiko kematian karena penyebab apapun karena aktivitas olahraga di akhir minggu ini turun 30 persen. Resiko terkena penyakit kardiovaskular turun 40 persen. Resiko terkena kanker turun 18 persen.

Penemuan ini menunjukkan jika kualitas olahraga mengungguli kuantitasnya. “Satu sesi olahraga yang mencukupi lebih baik dari beberapa kali olahraga yang direncanakan dengan buruk,” ujar pelatih pribadi dari New York Health & Racquet Club, Greg Peck dilansir dari Reader Digest. Dan lebih dari itu berolahraga walaupun cuma sekali atau dua kali seminggu lebih baik dibandingkan tidak sama sekali. “Tidak ada hal yang disebut olahraga yang buruk,” tambah Greg.

Jika waktu olahraga Anda terbatas, Greg menyarankan menggunakan bantuan pelatih pribadi walaupun hanya untuk satu atau dua sesi. Mereka akan menolong Anda memaksimalkan waktu dan bentuk olahraga supaya benar dan bebas cidera. Jika kondisi finansial Anda tidak memungkinkan untuk menyewa pelatih pribadi, Greg memberikan saran lain. Dia menyarankan kita melakukan olahraga kardio selama 30 menit. Contoh olahraga kardio adalah lompat tali, berjalan di treadmill, bersepeda atau menggunakan mesin eliptikal.

Setelah itu lakukan olahraga angkat beban. Cobalah lakukan squat dengan beban, chest press, deadlift, bicep curl, tricep kickback dan crunch. Jika Anda tidak bisa pergi ke tempat fitness, cobalah jalan santai atau lari di sekitar kampung atau komplek perumahan. Tambahkan pushup dua atau tiga set. Masing-masing set terdiri dari 12-15 pushup. Lalu juga squat tanpa beban, leg raises, sit-up, tricep dip dan lunges. Cara melakukan gerakan-gerakan di atas bisa dipelajari dengan mudah di internet. Bagi sesi olahraga menjadi dua bagian. Bagian pertama fokus pada olahraga untuk bagian atas tubuh dengan kardio. Sesi kedua fokus pada bagian bawah tubuh dengan kardio.

Menurut penelitian itu, kita juga bisa memakai waktu liburan di akhir pekan untuk beraktivitas fisik. Misalnya daripada menghabiskan waktu menonton film seharian di akhir pekan, cobalah ajak teman main bowling bersama. Atau pergi mendaki atau jalan-jalan santai bersama keluarga.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge