0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kawasan Pantura Terancam Tenggelam

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Kawasan Pantai Utara Jawa (Pantura) dikhawatirkan terancam tenggelam. Penyebabnya karena perubahan iklim global.

“Pantai Utara Pulau Jawa itu terancam, dan kita tidak bisa berharap ada magic, ada dewa yang bisa membuat Pulau Jawa bisa tidak tenggelam terus. Karena ini kondisi geologis, geografis ilmiah,” kata Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas), Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Kamis (3/8).

Dia menambahkan, penurunan tanah di pulau Jawa akan berdampak besar bagi Indonesia, mengingat kawasan Pantai Utara Pulau Jawa memiliki jumlah penduduk yang padat. Berbeda dengan Maldives atau Maladewa yang memiliki jumlah penduduk lebih sedikit dan mayoritas berisi kawasan wisata.

“Semuanya dekat dengan pantai utara. Di Tangerang, Bekasi, Cikarang, Karawang, itu semuanya di Utara. Belum lagi kalau kita sering dengar banjir rob, tidak hanya Semarang, tapi Pekalongan, Tegal dan seterusnya,” imbuhnya.

Dengan demikian, dia meminta agar pemerintah dan masyarakat bersama-sama saling membantu untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Sebab, tak hanya Pantai Utara Jawa, namun pulau-pulau dengan air laut yang tinggi juga terancam tenggelam dengan adanya perubahan iklim yang makin ekstrem ini.

“Yang bisa kita lakukan adalah adaptasi kepada masyarakat. Pemerintah harus bisa melindungi masyarakat. Masyarakat juga harus siap dengan perubahan tadi,” jelas Bambang.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge