0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kampung Siaga Bencana Giri Makmur Dikukuhkan

Kementerian Sosial mengukuhkan pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) Giri Makmur di Desa Giri Mulyo, Ngargoyoso, Karanganyar (dok.timlo.net/raymond)
Karanganyar — Kementerian Sosial mengukuhkan pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) Giri Makmur di Desa Giri Mulyo, Ngargoyoso, Karanganyar. Program itu merupakan pembentukan KSB ke-498 di Indonesia.
Konsep KSB di dalamnya mengadopsi delapan klaster di Indonesia . Kalau secara nasional, tiap klaster diampu instansi membidangi seperti klaster logistik oleh BPBD, klaster kesehatan dan sarpras oleh tugas masing-masing kedinasan,” kata Direktur Perlindungan Sosial dan Korban Bencana Alam Kemensos Adi Karyono di acara pengukuhan KSB Giri Makmur, di Desa Girimulyo, Ngargoyoso, Selasa (1/8) sore.
Dikatakan, pembentukan KSB diharapkan mampu menangani cepat dan tepat kejadian bencana alam dengan mengandalkan potensi masyarakat setempat. Pemilihan lokasi di Karanganyar dalam pembentukan KSB ke-498 bukan tanpa alasan. Kemensos melihat wilayah lereng Gunung Lawu rawan terjadi longsor dan kondisi sosial budaya masyarakat memungkinkan diterapkan sistem komando bencana. 
Terkait KSB, pemerintah menghendaki personel maupun peralatan penanggunalangan bencana siap sewaktu-waktu dibutuhkan. Sebab, mayoritas lokasi KSB berjauhan dari Posko Tagana, Dinas Sosial maupun BPBD. Untuk itulah pengurus KSB merupakan orang-orang pilihan.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge