0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tidur Lebih Dari 9 Jam Sebabkan Mimpi Buruk

Ilustrasi. (Dok: Timlo.net/ Clevelandclinic.org)
 Timlo.net—Kurang tidur menimbulkan efek samping yang mengerikan. Tapi menurut penelitian baru ini, orang yang tidur terlalu lama juga bisa mengalami efek samping. Paling tidak dalam mimpi mereka. Penelitian yang diadakan oleh the University of Oxford, Inggris, para peneliti melihat munculnya mimpi buruk dan tingkat keparahannya pada 846 peserta. Penelitian itu menyatakan jika rata-rata satu dari 20 orang mengalami mimpi buruk setiap minggunya. Sementara orang yang mengalami masalah psikis lebih sering mengalami mimpi buruk.

Ukuran sampel dalam penelitian itu adalah 89 persen wanita dengan usia median 44 tahun. Peserta yang tidur lebih lama setiap malamnya mengalami resiko mimpi buruk 35 persen lebih tinggi. Durasi tidur yang terlalu lama adalah lebih dari 9 jam dalam penelitian ini.

Studi itu juga mengamati peserta penelitian yang tidur kurang dari 7 jam per malam. Ternyata mereka juga mungkin mengalami mimpi buruk. Supaya terhindar dari mimpi buruk, peneliti menyarakan kita tidur antara 7-9 jam.

Faktor lain yang dihitung dalam penelitian itu adalah konsumsi alkohol sebelum tidur. Konsumsi alkohol menggangu proses tidur pada paruh pertama waktu tidur. Hal itu menyebabkan orang memiliki mimpi yang panjang dan lebih jelas.  Hal ini bukan berarti orang akan bermimpi sepanjang malam jika sebelum tidur mereka minum alkohol. Tapi mimpi mereka akan terasa sangat jelas dan lama.

Sumber: Reader Digest

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge