0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Para Peneliti Kembangkan Algoritma Untuk Selfie yang Lebih Baik

ilustrasi (dok.merdeka.com)

Timlo.net—Apa yang membuat sebuah foto selfie terlihat bagus? Apakah berfoto selfie adalah bentuk seni atau ada ilmu pengetahuan di dalamnya? Mungkin berfoto selfie adalah seni dan ilmu. Jika para peneliti dari the University of Waterloo, Kanada ini berhasil, kelak smartphone dan kamera bisa memberikan kita petunjuk untuk mengambil foto selfie terbaik kita.

Mereka baru-baru ini menciptakan sebuah algoritma untuk menentukan selfie terbaik. Pembentukan algoritma itu melibatkan ribuan pekerja Mechanical Turk untuk menilai selfie buatan. Mereka diminta memilih selfie terbaik berdasarkan tiga kategori yaitu arah cahaya, ukuran wajah dan posisi. Dari algoritma itu, peneliti menciptakan sebuah aplikasi untuk memberikan petunjuk pada pengguna untuk berfoto selfie dengan baik.

Lalu mereka meminta orang untuk mencoba berfoto selfie dengan dan tanpa aplikasi. Hasil foto selfie itu dinilai kembali oleh para pekerja Mechanical Turk. Kesimpulannya, foto selfie yang diambil dengan aplikasi lebih baik 26%.

“Hal ini barulah awal dari apa yang mungkin. Kami bisa memperluas variabelnya untuk menyertakan gaya rambut, jenis senyuman atau bahkan pakaian yang Anda pakai. Saat mengajari orang berfoto selfie yang lebih baik, langit adalah batasnya,” ujar salah satu peneliti Dan Vogel dilansir oleh Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge