0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Fakta-Fakta Unik Tentang Lomba Dragon Boat

Lomba dragon boat. (Dok: Timlo.net/ ABC.net.au)

Timlo.net—Dragon boat atau kapal naga digunakan pertama kali di Cina 2500 tahun yang lalu. Kapal ini menjadi alat transportasi yang membawa para prajurit ke medan perang. Nama kapal ini terinspirasi dari suara pukulan yang muncul dari kapal saat para prajurit memukul air.

David Abel, presiden the Australian Dragon Boat Federation mengungkapkan beberapa hal unik terkait lomba dragon boat kepada ABC.net.au.

Dayung memiliki beragam ukuran dan bentuk

Dayung yang digunakan memiliki beragam ukuran dan bentuk tapi tidak boleh lebih pendek dari 106 cm dan tidak boleh melebihi 130 cm.

“Dayung untuk kompetisi dibuat dari serat karbon dan memiliki berat 250 gram ke atas,” ujar David.

“Dayung untuk latihan dan pemula dibuat dari kayu dan memiliki berat lebih dari 600 gram,” tambahnya.

Ada beragam bentuk dayung termasuk T-piece, palm grip dan palm with ripple. Batang dayung bisa berbentuk bulat, bulat panjang dan lain-lain. Tapi semua dayung harus diproduksi mengikuti panduan khusus dari the International Dragon Boat Federation. Para atlit akan mengubah bentuk dan ukuran dayung mereka tergantung posisi mereka di kapal dan jenis air di mana mereka berkompetisi.

Kapal memiliki berat hingga 2 ton

Sebuah kapal naga yang dipakai untuk kompetisi terbuat dari serat kaca dengan injected foam di dalam lambung kapal untuk meningkatkan kemampuan mengapung. Ada dua jenis kapal balap. Yang pertama dengan panjang 9 m, berat 170 kg dengan 10 pendayung, satu sweep dan satu drummer. Yang kedua memiliki panjang 120 m, berat 250 kg dengan 20 pendayung, satu sweep dan satu drummer. “Kapal pria, terisi penuh bisa memiliki berat hingga 2 ton,” ujar David.

Para pendayung bisa mendayung dengan kecepatan lebih dari 20 km per jam.

Orang terpenting di kapal

Menurut David, orang terpenting di kapal adalah sweep yang bertanggung jawab terhadap kapal. Tapi semua kru memegang peranan yang integral. Drummer atau sweep akan mengarahkan para pendayung dan memberitahu apa yang harus dilakukan saat balapan.

Dominasi negara Cina

Negara Cina menjadikan lomba dragon boat sebagai olahraga nasional sejak terciptanya lomba ini. “Partisipasi mereka dalam dragon boating fenomenal,” kata David. Negara-negara Asia lainnya juga cukup dominan dalam olahraga ini. Sementara negara seperti Amerika Serikat, Hungaria, Jerman, Inggris, Australia dan Kanada sangat kompetitif.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge